Agungnya Penciptaan Malaikat

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman berkenaan dengan para malaikat penjaga neraka:

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari neraka yang (kayu)bakarnya manusia dan batu; yang menjaganya malaikat yang kasar, yang keras, mereka tidak mendurhakai Allah (terhadap) apa-apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan mereka melaksanakan apa yang diperintahkan (At-Tahrim: 6)

Disini kami hanya menampilkan hadits-hadits yang berbicara mengenai dua malaikat saja.

a. Keagungan penciptaan Jibril.

Imam Ahmad dalam musnadnya meriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud r.a. bahwa ia berkata, “Rasulullah shallalahu alaihi wassalam pernah melihat Jibril dalam bentuknya (yang sesungguhnya). Ia mempunyai 600 sayap;  masing-masing sayap menutup cakrawala. Dan setiap sayapnya keluar berwarna-warni mutiara dan yaqut (batu mulia). “Ibnu Katsir mengatakan bahwa isnad hadits ini jayid (bagus).

Dalam Sunan Tirmidzi disebutkan hadits dengan isnad shahih bahwa Rasulullah shallalahu alaihi wassalam berkata mengenai Jibril,

“aku melihatnya turun dari langit dan besarnya penciptaan Jibril menutupi ruang antara langit dan bumi”

Ketika menerangkan tentang Jibril ini, Allah berfirman

“Sesungguhnya (Al-Quran) itu adalah firman Allah yang (dibawa) utusan yang mulia, yang mempunyai kekuatan di sisi yang mempunyai Arsy yang tinggi derajat, dipatuhi lagi dipercaya (At-Takwir: 19-21)

Yang dimaksud dengan “utusan mulia” disini adalah Jibril, sedangkan “Pemilik Singasana” adalah Rabul’izzah (Allah).

b. Keagungan Malaikat Penyangga Arasy

Abu Daud meriwatkan dari Jabir bin Abdullah r.a. bahwa Rasulullah shallalahu alaihi wassalam bersabda,

Aku telah mendapat izin dari Allah untuk menceritakan tentang salah satu malaikat penyangga Arsy kepada para sahabatku dan semua manusia, yaitu bahwa jarak antara cuping telinga dengan pundaknya saja membutuhkan perjalanan 700 tahun”

Ibnu Abi Hatim mengatakan bahwa yang dimaksud dengan perjalanan disini adalah perjalanan terbangnya burung. Muhaqqiq kitab Misykat Al-Mashabih mengatakan bahwa isnad hadits ini shahih.

Tabrani dalam Mu’jam Al-awsath meriwayatkan dengan isnand shahih dari Anas r.a bahwa Rasulullah shallalahu alaihi wassalam bersabda, “Aku telah diizinkan untuk menceritakan tentang salah satu malaikat penyangga Arasy kepada pada sahabatku dan semua manusia yaitu bahwa kedua kakinya dibumi, sdangkan diatas tanduknya adalah ‘Arasy, antara kedua cuping telinganya dengan pundaknya bila ditempuh dengan terbangnya burung adalah 700 tahun”. Malaikat berkata, “Mahasuci Engkau yang telah menjadikanku seperti ini”

Malaikat Memiliki Sayap

Malaikat memiliki sayap, sebagaimana yang telah diterangkan oleh Allah sendiri. Diantara mereka ada yang punya dua sayap, ada yang tiga atau empat, dan ada yang punya lebih banyak lagi.

Allah berfirman,

Segala puji bagi Allah Pencipta Langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan yang bersayap, dua-dua, tiga-tiga, dan empat-empat. Allah menambah apa yang dia kehendaki tentang ciptaanNya. Sesungguhnya Allah maha kuasa atas segala sesuatu. (Fathir: 1)

Maksudnya adalah bahwa Allah menjadikan mereka memiliki sayap, ada yang bersayap dua, tiga, empat dan ada yang lebih banyak lagi. Didepan telah kita kemukakan hadits Nabi yang menceritakan bahwa Jibril mempunyai 600 sayap.

(Insyallah bersambung… )

About these ads

3 Komentar (+add yours?)

  1. imam
    Sep 03, 2009 @ 11:12:06

    saya pernah dapat ceramah tentang malaikat israfil yang jauh lebih besar dari Jibril AS. kalau antum punya referensi, semoga profil masing-masing malaikat itu bisa terbahas lebih rinci lagi. jazakumullah

    Balas

  2. anam
    Jul 13, 2010 @ 23:04:31

    WAH WAH jadi banyak reverensi saya nih makasiah yaa.

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: