Inilah Yang Terjadi Setelah Kematianmu.

bin ‘Azib ra. berkata: “Kami keluar bersama Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam untuk melakukan ta’ziah atas wafatnya seorang sahabat Anshar. Dan, ketika telah selesai pemakaman, maka Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam duduk menghadap kiblat dan kami duduk disekitarnya yang seakan-akan diatas kepala kami ada burung (ini adalah isyarat agar diam dan tidak membuat kegaduhan setelah pemakaman). Dan saat itu tangan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memegang kayu yang ditancapkan kebumi dan beliau memandang ke arah langit, lalu ke bumi. Dan, beliau mengangkat pandangannya dan menundukkannya tiga kali, kemudian Beliau bersabda: “Mohonlah perlindungan kepada Allah dari siksa kubur, dua atau tiga kali”. Kemudian beliau berkata: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur” sebanyak tiga kali, lalu beliau berkata:

“Sesungguhnya seorang hamba Allah yang beriman jika telah daang kematian untuk meninggalkan dunia dan menuju ke akhirat, maka turun kepadanya para malaikat dari langit dengan muka bersinar bagaikan matahari dengan membara kafan yang halus yang penuh parfum yang harum baunya dari surga, lalu mereka duduk didekatnya. Kemudian datang malaikat yang bertugas mencabut nyawa dan duduk disamping kepalanya, lalu malaikat berkata: “Wahai jiwa yang baik (dalam satu riwayat: Wahai jiwa yang tenang), keluarlah kamu menuju ampunan Allah dan kerelaan-Nya”.

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam berkata: “Maka keluarlah ruhnya dengan berjalan pela-pelan seperti mengalirnya tetes air minum, lalu malaikat itu mengambil nyawanya”.

Dalam satu riwayat disebutkan: “Jika ruhnya telah keluar, maka malaikat yang diantara langit dan bumi melakukan shalat jenazah kepadanya, begitu juga malaikat yang dilangit. Dan semua pintu langit dibuka baginya, bahkan setiap penjaga pintu langitpun berdoa, agar ruh orang tersebut naik dari arah pintu mereka”.

Dan ketika malaikat telah mengambil nyawanya, maka nyawa itu langsung diletakkan dalam kafan tersebut. Dan, itulah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

Sehingga apabila kematian datang kepada salah seorang diantara kamu, maka ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami; dan malaikat-malaikat itu tidak melalaikan kewajibannya (QS Al An’am 61)”

Kemudian ruh itu keluar dan diletakkan pada kafan tersebut dengan semerbak baunya seperti misik yang terdapat di bumi.

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam berkata: “Kemudian malaikat membawa naik ruh tersebut ke langit. Dan, setiap malaikat tersebut melintasi gerombolan malaikat, mereka pasti berkata: “Ruh siapakah yang baik ini? “Maka malaikat yang membawa ruh tersebut berkata: ” Si fulan bin fulan, dengan menyebutkan namanya yang terbaik ketika didunia.”Dan, ketika sampai kelangit dunia, maka malaikat pembawa ruh itu mohon dibukakan pintu langit, dan pintunya pun langsung dibuka. Dan setiap malaikat yang didekat pintu langit berikutnya selalu menyambutnya. Yang demikian ini hingga sampai kelangit ke tujuh.

Dan ketika telah sampai dilangit ke tuju, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman kepada malaikat:” Tulislah hamb-Ku ini dalam ‘Illiyin.

“Dan tahukan kamu apakah ‘illiyin itu? Yaitu kitab yang bertulis(kan amal manusia) yang disaksikan oleh malaikat-malaikat muqarrabin (yang didekatkan kepada Allah) : QS. Al Muthaffifin : 19-21”

Lalu dia ditulis didalam ‘Illiyin. Kemudian Allah subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Kembalikanlah dia kebumni. Sebab Aku telah menjanjikan manusia, bahwa Aku menciptakan mereka dari bumi dan kepada bumi Aku akan mengembalikan mereka. Dan, dari bumi juga Aku akan mengeluarkan mereka untuk kedua kalinya.”

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam berkata: “Kemudian nyawa orang tersebut dikembalikan kebumi dan ruhnya dikembalikan ke jasadnya”. Dan, beliau berkata: “Sungguh, dia mendengar suara gesekan sandal kawan-kawannya ketika mereka pulang dari kubur. Kemudian dia didatangi dua malaikat yang sangat keras suaranya. Lalu keduanya mendudukkan orang tersebut dan keduanya bertanya kepadanya dengan suara yang keras: “Siapa Tuhanmu..”? Maka dia menjawab: “Tuhanku adalah Allah”. Lalu keduanya bertanya:” Apa agamamu..?” Dia menjawab: “Agamaku Islam”. Lalu keduanya bertanya: “Siapakah seorang lelaki yang diutus kepadamu?” Dia menjawab: “Dia adalah Rasulullah, Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam”. Lalu keduanya bertanya: “Apa ilmumu?” Dia menjawab: “Saya membaca kitabullah (Alquran), lalu saya beriman kepadanya dan membenarkannya.

Dan, dalam satu riwayat disebutkan: “Maka malaikat itu membentaknya dan bertanya: “Siapakah tuhanmu? Apakah agamamu? Dan siapakah nabimu? Dan, ini adalah akhir ujian bagi orang yang beriman. Yang demikian ini adalah yang dimaksud dengan firman Allah subhanahu wa Ta’ala: “Allah memberikan ketetapan kepada orang-orang yang beriman dengan ucapan yang tabah dalam kehidupan dunia dan akhirat” (QS. Ibrahim : 27)

Maka orang tersebut menjawab: “Tuhanku adalah Allah, agamaku adalah Islam, dan Nabiku adalah Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.”

Kemudian terdapat suara yang memanggil dilangit: “Benar kata hamba-Ku itu. Maka berilah dia hamparan dan pakaian dari surga, dan bukalah pintu surga baginya”. Beliau berkata: “Kemudian ruhnya diberikan bau surga yang terbaik dan kuburnya diluaskan sejauh pandangan matanya”.

Dan, dalam satu riwayat dikatakan: “Setiap amalnya didatangkan kepadanya dengan bentuk seorang lelaki yang sangat tampan mukanya, bagus pakaiannya dan sangat harum baunya. Lalu dia berkata:” bergembiralah dengan apa yang menyenangkanmu. Bergembiralah dengan ridha Allah dn Surga-Nya yang penuh kenikmatan bagi yang menempatinya. Ini adalah harimu yang dijanjijan kepadamu”. Lalu orang yang meninggal itu berkata: “Dan Anda, orang yang serba diberi kebaikan oleh Allah dan diberi wajah yang tampan, Anda itu siapa?”. Maka dia menjawab:”Aku adalah amalmu yang saleh. Demi Allah. Saya tidak mengetahui kamu, melainkan orang yang giat dan taat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala serta sangat lambat dalam maksiat kepada Allah. Maka , semoga Allah membalasmu dengan segala kebaikan.

Kemudian dia dibukakan pintu neraka, dan dikatakan kepadanya: “Ini adalah tempatmu, jika kamu maksiat kepada Allah. Semoga Allah menggantikan tempat yang terbaik bagimu” Kemudian dia dibukakan pintu surga, dan dikatakan kepadanya: “Ini adalah tempatmu”. Maka ketika dia melihat apa yang disurga dia berkata:” Ya Rabb, cepatkanlah hari kiamat agar aku kembali membawa harta dan keluargaku”. Lalu dikatakan kepadanya: “Tenanglah, ini adalah tempatmu.

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam berkata:” Adapun orang yang kafir (dalam riwayat: orang yang lacur) ketika dia menghadapi kematian, maka dia didatangi oleh malaikat yang sangat keras dan hitam mukanya dengan membawa kain yang kasar dari neraka. Lalu malaikat tersebut duduk didepannya. Kemudian datang malaikat pencabut nyawa kepadanya dan malaikat itu duduk disamping kepalanya. lalu malaikat itu berkata: “Wahai jiwa yang buruk, keluarlah kamu kepada murka Allah”.

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam berkata: Maka malaikat itu mencabik-cabik tubuhnya dan mencabut nyawanya seperti mencabut kain dari duri. Maka keluarlah keringat dinginnya dan uratnya. Dan, semua malaikat yang diantara bumi dan langit mengutuknya, begitu juga malaikat yang dilangit. Dan, semua pintu langit ditutup baginya, sedangkan setiap malaikat yang dipintu langit semuanya berdoa, agar ruhnya tidak melintas disamping mereka.

Kemudian malaikat pencabut nyawa itu mengambil nyawa orang tersebut; dan ketika nyawanya telah dicabut, maka nyawa itu dilemparkan kekain kasar yang dari neraka dan malaikat itu membawa keluar keluar nyawa tersebut dengan bau yang menjijikkan dan baunya sampai dimuka bumi. Lalu malaikat itu membawa naik nyawa tersebut ke langit. Dan, setiap malaikat itu melintasi segerombolan malaikat, maka malaikat-malaikat tersebut berkata: “Ruh siapakah yang buruk ini?” Malaikat yang membawa ruh itu menjawab: “Fulan bin fulan, dengan menyebut namanya yang buruk ketika didunia, maka pintu langit minta dibukakan, tapi pintu itu tidak dibukakan kepadanya. Kemudian Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam membaca : “Tidak dibukakan kepada mereka pintu-pintu langit; dan mereka tidak masuk surga sehingga unta masuk lubang jarum (QS Al A’raf:40).

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam berkata:”Kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: Tulisalah dia didalam sijjin dibumi yang paling bawah. Lalu dikatakan: “Kembalikanlah hamba-Ku ini kebumi. Sebab aku telah menjanjikan mereka, bahwa Aku menciptakan mereka dari bumi dan kepada bumi mereka Aku kembalikan. Kemudian Aku akan keluarkan mereka dari bumi untuk yang kedua kalinya. Maka ruh itu dilemparkan dari langit sampai jatuh ke jasadnya:. Kemudian beliau membaca: “Dan, barangsiapa yang musyrik kepada Allah, maka sesungguhnya dia terlempar dari langit, lalu disambarlah dia oleh burung atau tertiup oleh angin dalam tempat yang jauh (QS. Al Hajj:37) lalu ruh itu dikembalikan ke jasadnya”.

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam berkata: “Sungguh, dia itu mendengar gesekan sandal kawan-kawannya ketika mereka meninggalkannya”. Lalu dia didatangi oleh malaikat dan keduanya membentak kepadanya sambil mendudukkannya. Kemudian kedua malaikat itu berkata kepadanya: “Siapa Tuhanmu?” Maka dia menjawab: “Ah.. ah.., saya tidak mengerti”. Lalu kedua malaikat itu berkata: “Apa agamamu?” Dia pun menjawab: “Ah.. ah.., aku tidak tahu?” Kemudian malaikat itu bertanya kepadanya lagi: “Apa yang kamu katakan kepada seorang lelaki yang diutus kepadamu?” Maka dia tidak mengetahui namanya. Dan, dia pun dikasih tahu: “Muhammad”. Maka diapun menjawab :”Ah…ah..saya tidak mengerti. Saya telah mendengar manusia mengatakan itu”. Lalu dikatakan kepadanya: “Kamu tidak mengerti dan kamu tidak membaca Al-Qur’an”. Kemudian datang seruan dari langit: Dia hamba yang pendusta. Maka hamparkan baginya hamparan dari api dan bukalah kepadanya pintu neraka”. Dan orang tersebut merasakan panas dan racun api neraka dan kuburnya menjadi sempit hingga memutuskan tulang-tulang iganya.

Kemudian datang kepadanya seorang lelaki yang sangat buruk wajah dan perangainya, buruk pakaiannya dan sangat busuk baunya. Lalu orang tersebut berkata: “Rasakanlah kejahatan yang kamu lakukan. Ini adalah harimu yang dulu dijanjikan kepadamu”. Maka orang kafir itu berkata: “Dan kamu, orang yang dijadikan Allah buruk dan wajahmu juga sangat buruk, siapakah kamu itu?” Lalu dia menjawab:”Aku adalah amalmu yang buruk. Demi Allah Subhanahu wa Ta’ala, saya tidak melihatmu melainkan sangat lambat untuk taat kepada Allah dan sangat cepat dalam melakukan maksiat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka, semoga Allah membalasmu dengan keburukan.

Lalu orang tersebut dibentuk dalam rupa manusoia yang buta, tulis dan bisu; dan ditangannya terrdapat martil besar yang kalau digunakan untuk memukul gunung, maka gunung itu akan hancur menjadi debu, maka dia memukul orang kafir dengan martil tersebut sampai hancur menjadi debu. Kemudian Allah mengembalikan orang kafir tersebut menjadi utuh seperti semula, lalu dia dipukul lagi dengan martil tersebut dan dia menjerit keras sekali yang suaranya bisa didengar segala sesuatu kecuali jin dan manusia. kemudian pintu neraka dibuka untuknya dan dia diberi hamparan dari api neraka. Maka dia berkata :” Ya Rabb, janganlah sampai terjadi hari kiamat”

(Sumber : Ahwal AL Qubur Shuwaruha Asbabuha An Najatu Minja, karangan Syaikh Muhammad Majdi Asy-Syahawi – Edisi bahasa indonesia dengan judul “Prahara Alam kubur”)

1 Comment (+add yours?)

  1. Jookut dkk.
    Dec 04, 2010 @ 20:35:22

    Subhanallah…
    Innalillahi wa inna ilaihi raji’un…

    Pujian untuk ALLAH dan Rasul-Nya…
    Ya Rabb Kau benar-benar luar biasa, Kau ciptakan aku lalu Kau tunggu aku dewasa dan menyadari bahwa aku akan disiksa. Kadang semua ini membuatku ingin tertawa sendiri karena sikap-Mu amat teguh dan Kau memperlihatkan juga sifatku yang keras kepala.
    Mungkin memang lebih wajar jika manusia di neraka meski Nabi Adam as tak pernah ke neraka. Tapi tetap saja lebih berat menyadari bahwa ALLAH itu bersikap dan menilai. Karena itu tentu saja itu tak akan lepas. Mungkin ucapan yang keluar itu sama, “Aku ini kurang apa? Aku telah berusaha melakukan segala yang kau inginkan.”

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: