Sifat dan Kemampuan Malaikat

Sifat Penciptaan Malaikat Dan Sesuatu Yang Terkait Dengannya

Materi Penciptaan

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah bin Abu Bakar r.a. dari ayahnya sendiri, disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wassalam memberitahukan kepada kita bahwa materi yang digunalan oleh Allah untuk menciptakan malaikat adalah nur (cahaya)

Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda;

Malaikat itu diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, sedangkan Adam diciptakan dari apa yang telah digambarkan pada kalian (HR Muslim)

Rasulullah shallallahu alaihi wassalam tidak menjelaskan kepada kita jenis cahaya yang digunakan untuk menciptakan malaikat. Oleh karena itu kita tidak bisa menyelami lebih jauh lagi persoalan ini secara detail. Hal itu termasuk persoalan gaib, dan tidak ada hadits lain yang memberikan penjelasan yang lebih banyak lagi dari hadits ini.

Berkenaan dengan riwayat dari Ikrimah bahwa ia mengatakan, “Malaikat itu diciptakan dari cahaya kemuliaan, sedangkan Iblis diciptakan dari api kemuliaan”, dan juga riwayat dari Abdullah bin Amr bahwa ia berkata, “Allah menciptakan malaikat dari cahaya (yang keluar dari) dua hasta dan dada, “maka keduanya tidak bisa dijadikan pegangan”. Taruhlah riwayat ini memang shahih dari para ulama terkemuka, namun mereka bukanlah manusia yang ma’shum (terjaga dari kesalahan). Boleh jadi mereka mengambilnya dari israiliyat (cerita-cerita yang bersumber dari bani israil)

Kapan Malaikat Diciptakan?

Kita tidak mengetahui kapan malaikat itu diciptakan, karena Allah tidak memberitahukan hal itu. Namun kita mengetahui bahwa mereka diciptakan lebih dahulu dari penciptaan Adam. Allah memberitahukan kepada kita bahwa Ia telah mengumumkan kepada para malaikat bahwa Ia akan menjadi seorang khalifah dimuka bumi.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,


Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang Khalifah dimuka bumi” (Al baqarah: 30″

Yang dimaksud dengan khalifah disini adalah Adam a.s dan Allah menyuruh mereka agar bersujud kepadanya ketika Allah telah menciptakannya.

Maka apabila Aku telah menyempurnakannya dan telah meniupkan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud(menghormat) (Al-Hijr: 29)

(Insyaallah bersambung…)

2 Comments (+add yours?)

  1. Ali Mohamad
    Feb 16, 2008 @ 15:09:29

    Jin Mengganggu hidup saya dengan manyakit tubuh ,sudah lama +20 tahun dan sekarang ini sudah bertambah tambah pula setan ini., saya sembahyang 5 waktu dan sentiasa memohon agar allah pisahkan jin setan ini dari saya .Bacaan fatihah ,alkursi,lauanzalna,ayat nabi sulaiman,nabi musa dll.lagi apa yg diajar olih Prof.D.Harun Din.Tetapi tidak dapat mengusirnya kadang kadang dapat usirnya beberapa jam sahaja.Kemudian setan ini datang balik.Tolong saya ada kah cara utk musnahkan jin ini dan tukang sihir durhaka ini.Saya tidak mahu syirik.Apa yg saya lihat semua ayat utk pelindungan ,saya dah jemu .tidak adakah ayat untuk musnahkan jin & tukang sihir setan ini. Kalau ada yg boleh berikan ayat & cara musnahkan setan ini ,tolonglah saya ,saya dah amat benci dengan ciptaan yg saya tidak nampak dan menyakiti saya.Saya tidak gangu mereka tapi mereka yg menyakiti saya …mungkin jin setan org menyembah berhala.

    Reply

  2. ahmad
    Nov 30, 2008 @ 07:34:41

    Pak Ali Muhammad,
    Saya prihatin dengan penderitaan anda. anda termasuk dalam kondisi sakit, maka wajib ada usaha untuk berobat. Rasul SAW telah perintahkan untuk me-RUQIYAH segala macam penyakit baik yang datang dari gangguan jin atau yang lain.
    Cobalah bapak datang ke tempat Ruqiyah insyaAllah mereka pasti bisa bantu bapak.

    Pak Abdurrahman.

    Saat setelah adam di ciptakan, Allah perintahkan pada malaikat untuk sujut kepada adam. maka sujutlah malaikat semua kecuali Iblis.

    34. Dan (Ingatlah) ketika kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah[36] kamu kepada Adam,” Maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.

    Di ayat ini, disebutkan bahwa Allah perintahkan hanya kepada malaikat tetapi kenapa Iblis ikut dalam perintah itu. Apakah Iblis itu sama dengan Malikat atau dengan kata lain apakah iblis itu “Bangsa malaikat yang membangkang pada Allah karena tidak mau sujut kepada Adam??” sedangakan Iblis mengemukakan alasan pembangkangannya karena merasa lebih baik dari Adam karena diciptakan dari Api sedangkan Adam dari tanah. sedangkan dalam hadis Rasulullah menyatakan malaikat diciptakan dari nur(cahaya) artinya bangsa malaikat tidak sama dengan bangsa Jin.
    Allahu a’lam. mohon penjelasan dari ichwan yang lebih tahu beserta dalil yang rinci.
    wsslm

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: