4. Saya adalah kota ilmu dan Ali sebagai pintunya, maka barangsiapa yang menginginkan ilmu hendaklah mendatanginya dari arah pintunya. – Palsu

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dalam Tahdzibul Atsar, ath-Thabrani alam al-Kabir 1/108, Hakim 3/126, al-Khathib Tarikh Baghdad 11/48, Ibnu Asakir 2/159 dari jalan Abu Shalt Abdussalam bin Shalih al-Harawi, telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah dari A’masy dari Mujahid dari Ibnu Abbas secara marfu’.

Berkata Hakim: “Sanadnya shahih. pernyataan ini dibantah oleh Adz-Dzahab, beliau mengatakan: “Bahkan yang benar adalah hadits palsu”.

Dalam tempat lainnya Imam adz-Zhahab sampai berkata kasar kepada Imam Hakim karena beliau menshahihkan hadits palsu: “Demi Allah hadits ini palsu, Ahmad (Salah seorang perawi dalam sanad hadits-pent) adalah pendusta, alangkah bodohnya engkau padahal ilmumu luas.”

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah: “Hadits ‘Saya adalah kota ilmu dan Ali adalah pintunya’ lebih parah kelemahannya, oleh karena itu termasuk jajaran hadits palsu meskipun diriwayatkan oleh Tirmidzi dan disebutkan oleh Ibnul Jauzi, namun beliau menjelaskan bahwa semua sanadnya palsu. Kedustaan ini juga bisa dilihat dari matannya sendiri, karena seandainya Rasulullah kota ilmu lalu pintunya hanya satu dan tidak bisa mengambil ilmu dari beliau kecuali dari pintu ini, niscaya Islam akan tertutup, padahal diketahui bahwa Ilmu Rasulullah  baik yang dari al-Qur’an maupun as-Sunnah sudah merambah seluruh dunia, sedangkan yang diajarkan oleh Ali bin Abi Thalib sangat sedikit sekali, kebanyakan tabi’in mempelajari Islam pada zaman Umar dan Utsman, juga yang diajarkan oleh Mu’adz kepada penduduk Yaman lebih banyak dari apa yang diajarkan Ali, sedangkan Ali tatkala datang ke kota kufah saat itu sudah ada para Imam Tabi’in semacam Syuraih, Ubaidah, Alqamah, Masruq dan lainnya.

 

(sumber: hadits palsu dan lemah yang populer di Indonesia : ahmad sabiq bin abdul lathif abu yusuf)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: