6. Barangsiapa yang menjaga untuk ummatku empat puluh hadits, maka saya akan menjadi syafaat baginya pada hari kiamat. – Palsu

Diriwayatkan oleh Hasan bin Sufyan dalam Arba’in beliau, Tamam dalam al-Fawa’id 2/209, Ibnu Adi 2/15 al-Khathib dalam Syaraf Ashhabul Hadits 1/32 dan lainnya dari jalan Ishaq bin Najih dari Ibnu Juraij dari Atha’ bin Abi Rabah dari Ibnu Abbas secara marfu’.

Sisi cacatnya, pada sanadnya terdapat Ishaq bin Najih, dia seorang yang memalsukan hadits.

Hadits ini mempunyai banyak jalan lainnya, namun semuanya diriwayatkan oleh para pendusta para pemalsu hadits. Oleh karena itu Syaikh al-Abani setelah memaparkanjalan-jalan sanad hadits ini beliau berkata:

Berkata Imam Nawawi dalam Muqaddimah Arba’in beliau: Para Ulama huffadl sepakat bahwa ini adalah hadits lemah, meskipun banyak jalannya. “Maksudnya bahwa banyaknya jalan hadits ini tidak membuat kelemahannya terangkat, ini semua adalah karena sangat lemah dan perbedaan matannya. “Yang benar menurutku bahwa hadits ini palsu, meskipun sangat terkenal dikalangan para ulama, dan karena hadits inilah mereka menulis kitab arba’in, namun seandainya shahih tidak mungkin Allah menjadikan hadits ini hanya diriwayatkan oleh para pendusta”

 

(sumber: hadits palsu dan lemah yang populer di Indonesia : ahmad sabiq bin abdul lathif abu yusuf)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: